Menjelajahi Kuliner Manggala: Dari Bawang Goreng Renyah hingga Kue Bolu Manis

  • Jul 06, 2024
  • AHMAD RESKY

Dalam rangka menumbuhkan ekonomi warga secara mandiri dan kreatif dengan beragam potensi UMKM. Kelurahan Manggala terus berkembang dan mengenalkan beberapa produk unggulan seperti berbagai macam oleh-oleh khas dari kota Makassar, olahan roti, kue bolu, dan kue tradisional, Jumat (5/7/2024).

Salah satu UMKM yang ada di Kelurahan Manggala yaitu Produk oleh-oleh Aan. membuat aneka produk UMKM seperti bawang goreng, kacang langkose, dan kerupuk jintang. 

Ruqiah sebagai pemilik Oleh-oleh Aan mengatakan hasil produk UMKM nya dihasilkan dari rumah dan pemberdayaan warga dengan mengajak warga bersama-sama demi mengisi waktu luang warga tersebut.

"Saya memproduksi semua produk dari Oleh-oleh Aan dirumah, dan dibantu oleh warga sekitar dengan sukarela," ucapnya.

Ruqiah mengatakan adapun bahan-bahan untuk membuat bawang goreng yaitu dengan bawang merah, tepung terigu, garam dan minyak goreng. selanjutnya untuk bahan pembuatan kacang langkose yaitu kacang, garam, minyak goreng, bawang putih. selanjutnya produk yang ketiga kerupuk jintang bahan yang digunakan tepung terigu, gula , telur, backing powder, mentega, dan minyak goreng. Keseluruhan produk Oleh-oleh Aab diolah dengan khas untuk menciptakan rasa yang berkualitas.

Sementara untuk harga bawang goreng ukuran 200gr dijual seharga 25 ribu, untuk harga kacang 500gr seharga 35 ribu dan untuk kerupuk jintang 500gr dijual seharga 20 ribu. adapun untuk penjualannya itu dititip di pasar-pasar, melalui media sosial WhatsApp dan dari mulut ke mulut.

Sementara produk UMKM lainnya Inho's Kitchen membuat aneka Produk UMKM seperti roti dan kue, bolu gulung, bolu tape, bika ambon hingga kue traditional. Indriani sebagai pemilik Inho's Kitchen mengatakan harga makanan yang dijual sangat beragam. Bolu tape dijual seharga 50 ribu, bolu gulung ukuran besar dijual seharga 70 ribu, dan untuk roti ukuran kecil dijual seharga 10.000/3pcs

Penggiat lainnya dari UMKM Ummi Hasanah juga memiliki aneka kuliner seperti kue bolu yang langsung diproduksi dirumahnya. Kue Bolu Ummi Hasanah memiliki cita rasa yang memanjakan lidah.

Keseluruhan potensi UMKM yang ada di Kelurahan Manggala diharapkan dapat menjadi lahan untuk warga menciptakan ekonomi secara mandiri dan kreatif.